Tuesday, June 19, 2012
1 comments

ketikweb
Apa itu HTML?
 
HTML adalah susunan bahasa pemrograman standar untuk web yang di tuliskan berupa text untuk melakukan perintah dalam menampilkan sesuatu sesuai perintah dalam tujuan text tersebut. File yang berisi perintah / kode HTML ini disebut sebagai dokumen HTML. Tampilan dari perintah dalam file HTML ini dapat kita lihat melalui browser yang kita pakai seperti Firefox, Internet explorer, Google Chrome, Opera, dll.
ketikweb
Sebelumnya saya telah membahas mengenai internet dan web, dimana sobat telah mengerti bagaimana internet dan web bekerja. Pertanyaan selanjutnya, dimanakah file HTML google ini disimpan?
Nah, pada saat Anda mengetikkan alamat web google pada browser, sebenarnya sobat sedang mengakses lokasi dari file HTML google ini, dimana tempatnya ini kita sebut sebagai server.
Seperti inilah kira-kira ilustrasinya...
Browser server
Mungkin sobat bertanya, seperti apa perintah HTML ini?
Pada saat memasuki sebuah web, klik kanan mouse dan pilih view source code... sekilas pasti pusing dan ada juga yang bergumam,,, "nih bahasa planet mana?" tenang aja bos, postingan ini akan mengantarkan sobat memahami sedikit tentang bahasa pemrograman tersebut.

Sebenarnya source code yang sobat lihat itu bisa jadi bukan sepenuhnya HTML tapi dah bercampur dengan bahasa pemrograman lainnya seperti PHP, CSS, Javascript, dll. Makanya terlihat ngeri padahal semuanya sederhana

Untuk HTML itu sendiri sebenarnya penyusun dasarnya sangat sederhana seperti :
 
<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
Ini Isi Halaman. <b>Ini Teks yang ditebalkan</b>
</body>
</html>

Nah, bagaimana cara menulis kode tersebut?
Sebagai pemula sobat tentunya belum memiliki software pendukung untuk menuliskan kode HTML. Tidak usah khawatir, untuk belajar dasar HTML ini dengan notepad pada windows sudah cukup untuk standar belajar. Namun kelak saya sarankan sobat memiliki software pendukung guna melancarkan pembuatan kode sobat. Selain menghemat waktu juga mempermudah disaat file HTML sudah berisi ratusan hingga ribuan kode HTML.
Sudah banyak fasilitas software yang bisa kita gunakan untuk menuliskan kode HTML itu sendiri mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing tentunya. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya nanti sobat rasakan sendiri sensasinya... :) Untuk hal ini yang paling sering saya gunakan adalah  Adobe Dreamweaver CS6ketikweb.

Sekarang saatnya praktek. Coba ketikkan pada notepad kode HTML berikut :
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" 
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
Ini Isi Halaman. <b>Ini Teks yang ditebalkan</b>
</body>
</html>
lalu simpan dengan nama "belajar1.html" dan tutup notepad.
Extensi html pada file belajar1 ini menandakan bahwa file belajar1 ini berisikan perintah html.
Sekarang jalankan file belajar1.html pada jendela explorer sobat dengan klik ganda pada file tersebut. Lihatlah... :) saya ucapkan selamat... sobat baru saja telah membuat kode html dan menjalankannya pada browser. Mudah kan?
 
 Contoh HTML
Berikut penjelasan kode HTML dari belajar1.html :
Pemrograman web biasanya terdiri atas tag - tag. Tag ini diawali dengan tanda <, lalu maksud tag, kemudian tanda >, contohnya <html>. Dan setiap maksud tag ini harus memiliki penutup yang diberi tanda /, contohnya untuk tag <html> maka tag penutupnya adalah </html>.

Khusus untuk kode HTML itu sendiri harus memiliki deklarasi doctype dan tag - tag dasar seperti, <html>, <head>, <body>.

Maksudnya???
  • Paling atas dari kode html adalah deklarasi doctype. Letaknya sebelum tag <html>. Deklarasi ini bertujuan untuk memberi tahu browser tentang aturan - aturan yang digunakan untuk menyusun halaman web sehingga diharapkan browser dapat menerjemahkan dengan tepat. Sebenarnya terdapat 3 jenis doctype yang bisa dituliskan, namun sebagai pemula anda cukup langsung copy paste doctype seperti yang dituliskan di atas pada setiap file html anda.
  • Pasangan tag <html> dan </html> mengawali kode HTML.
  • Di dalamnya terdapat pasangan <head> dan </head> serta <body> Dan </body>.
  • Pasangan <head> dan </head> mengawali halaman web, antara lain berisi pasangan tag <title> dan  </title> yang digunakan untuk menentukan nama judul halaman, terlihat pada bagian atas jendela browser.
  • Pasangan <body> dan </body> merupakan bagian yang menyatakan isi halaman web. Pada bagian inilah informasi yang ingin disampaikan ke pengunjung web diletakkan. Di dalamnya banyak tag yang bisa digunakan. Yang nanti kita akan bahas satu per satu. Khusus untuk contoh latihan di atas kita menggunakan tag <b> Ini Teks yang ditebalkan </b> menyatakan bahwa seluruh text di antara pasangan tag <b> </b> ini di bold kan.
Aturan dasar kode HTML :
  1. Semua tag harus ditulis dengan huruf kecil <body>, tidak boleh huruf besar <BODY>.
  2. Semua tag harus memiliki penutup tag. <body>, penutupnya </body>.
  3. Semua file HTML harus memiliki deklarasi doctype.
  4. Masih banyak aturan kode HTML yang lain tergantung jenis tagnya. Nanti kita bahas disetiap kita menggunakan tag baru tersebut. Okey bos?
Saat ini tentunya sobat telah paham penggunaan tag dasar html, tag <body>, dan tag <b>. Dan kita akan lebih dalam lagi menelurusi tag tag html yang lainnya misalnya atribut tag body, tag text, tag image, dan lainnya.
as website css source a html about html belajar css belajar website belajar html belajar pembelajaran bahasa inggris belajar bahasa inggris belajar php belajar mendesain web css to html cara web cara membuat web cara belajar web cara belajar cepat cara belajar code code html contoh css cara mendesain web cara mendesain website designer web design web design web free edit html free web how to html. html code for, html code, html for program web pengertian web i web in html kode html membuat web .com membuat web membuat css membuat website gratis make a web mudah belajar metode belajar mendesain web mendesain website situs web syntax html tutorial web the web text to html tutorial css tutorial html tutorial php webmaster web belajar website belajar web site web page website web design web sites web indonesia web gratis web magazine web hosting.

Share ke Google
"Sobat suka postingan ini? Silahkan copy link dibawah ini dan paste ke web, blog, atau sosial media sobat yang nantinya akan menghubungkan sobat langsung dengan postingan ini. "
Untuk mendapat respon balik dari saya, tuliskan identitas sobat dalam memberi komentar dalam kolom dibawah ini.

1 comments:

Unknown said...

terimakasih atas ilmunya. semoga bermanfaat.

Post a Comment

ketikweb ketikweb
 
@2013 ketikweb.blogspot.com | Template Modified and Enhanced by Zulkifli Hasan