Saturday, September 8, 2012
4 comments

ketikweb
Assalamu alaikum Wr.Wb
Banyak para programmer pemula menjadi bingung saat baru memulai menuliskan skrip pemrograman. Mempelajari skrip yang begitu panjang dan memusingkan hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti, menurut saya itu hal yang sangat disayangkan sekali. Berikut Insya Allah beberapa tips strategi dari pengalaman pribadi saya bagaimana mempersiapkan diri menghadapi skrip pemrograman :
1. Menyenangkan. Kata yang satu ini sungguh saya tidak asal. Di saat pertama kali saya menuliskan skrip dan menjalankannya, hal pertama yang saya rasakan adalah WOOW... Saya Hebaaat... karena hanya dengan menulis kita bisa munculkan apa saja sesuatu yang kita inginkan berdasarkan skrip yang kita tuliskan. Rasanya seperti seorang profesor yang sementara membuat penelitian besar dan penelitian tersebut berhasil dengan sempurna. Cobalah sobat temukan sesuatu yang berharga dan bisa teman - teman banggakan saat berhasil menuliskan skrip dan skrip tersebut bisa berjalan dengan sempurna.
2. Mudah. Jangan tersinggung dengan kata tersebut. Teman - teman yang baru belajar program biasanya melihat skrip begitu saja tanpa mempelajari setiap perintah di dalamnya. Hingga akhirnya sugesti diri sendiri bahwa bahasa pemrograman ini adalah bahasa planet luar angkasa yang tidak mungkin bisa dipahami olehnya. Percayalah skrip itu mudah asal kita mau mengamati dan mempelajari setiap detail maksud perintahnya satu per satu.
3. Berfikir kaku. Kesalahan yang satu ini banyak sekali saya temukan terjadi di kalangan pemula. Menuliskan skrip contoh dan menjalankannya dan berhasil namun parahnya tidak mendapatkan manfaat apa-apa. Hal ini terjadi karena pola berfikir terlalu kaku. Menurut saya, bahasa pemrograman adalah bahasa ide. Banyak hal yang teman - teman bisa ciptakan dengan ide teman - teman. Skrip contoh hanyalah sebuah contoh, teman - teman cobalah manipulasi atau berkreasi sendiri dengan melalukan improvisasi dari skrip contoh yang teman - teman pelajari. Lalu jalankan kembali skripnya dan jika berhasil artinya teman - teman telah menciptakan formula baru.
4. Berfikir uang. Kalau teman - teman berada pada kata ini. Bolehlah... semua orang butuh uang. Tapi jadikan sebagai pemacu dalam belajar. Karena orang - orang terkaya dunia berangkat dari karya ide pemrograman mereka. Anggap saja Bill Gates penemu windows dan Mark Zuckerberg pembuat web facebook.
5. Belajar tapi malu bertanya. Ini adalah fenomena aneh menurut saya. Banyak orang menemukan sesuatu yang sulit tapi malu bertanya. Bukankah dengan bertanya kita akan lebih cepat menemukan solusinya? Jika teman - teman termasuk tipe yang satu ini. Buanglah jauh - jauh sifat ini. Karena akan menghambat prestasi teman - teman sendiri. Saya sendiri senang jika ada yang bertanya dan berdiskusi dengan saya tentang apa saja dan terkhusus sesuatu yang terkait masalah kesehatan dan pemrograman web. Teman - teman bisa Add saya di Heroscoop.com. Website ini sungguh luar biasa dan sangat membantu saya untuk bisa share dengan teman - teman. Di heroscoop teman - teman juga bisa mencari pakar lainnya yang bisa teman - teman ajak berdiskusi dan bertanya seuatu sesuai bidang mereka. Di dalam heroscoop.com ini juga teman - teman bisa membaca blog saya yang lainnya yang akan membantu teman - teman belajar web step by step.

Sekian 5 tips saya dalam mempersiapkan diri menghadapi skrip. Baca blog tips - tips pemrograman saya lainnya di dalam heroscoop.com Ayo bergabung dan berbagi....
as website css source a html about html belajar css belajar website belajar html belajar pembelajaran bahasa inggris belajar bahasa inggris belajar php belajar mendesain web css to html cara web cara membuat web cara belajar web cara belajar cepat cara belajar code code html contoh css cara mendesain web cara mendesain website designer web design web design web free edit html free web how to html. html code for, html code, html for program web pengertian web i web in html kode html membuat web .com membuat web membuat css membuat website gratis make a web mudah belajar metode belajar mendesain web mendesain website situs web syntax html tutorial web the web text to html tutorial css tutorial html tutorial php webmaster web belajar website belajar web site web page website web design web sites web indonesia web gratis web magazine web hosting.

Share ke Google
"Sobat suka postingan ini? Silahkan copy link dibawah ini dan paste ke web, blog, atau sosial media sobat yang nantinya akan menghubungkan sobat langsung dengan postingan ini. "
Untuk mendapat respon balik dari saya, tuliskan identitas sobat dalam memberi komentar dalam kolom dibawah ini.

4 comments:

Unknown said...

ass, mas zul, sy ucapkan byk trm ksh krn artikel2nya bsa menambah ilmu sy tentang blogging yg baik.. tlng ajarin saya dong,gmn cara memulai blogging ataw bwt website yg benar,sy dah coba berulang2 tp gagal trs,krn trs trng aja sy msh gaptek dan pemula bgt..salam sukses,
hamam
nasirudinhamam3@gmail.com

Unknown said...

ajarin jg ya mas,gmn supaya agr blog/website bisa cpt mendatangkan pengunjung,krn sy lg belajar bisnis online ikut program reseller affiliati
www.formulabisnis.com/?id=obier
www.rahasiawebsitepemula/?id=baldes

trims byk

Unknown said...

to hamam : smoga artikel kami bs tetap eksis menambah wawasan para pembaca. klo pengen belajar langsung lewat chat online, bs langsung add sy di heroscoop.com, jika sy online Insya Allah sy bantu. Senang berbagi...

Anonymous said...

mantaff mas brow....

Post a Comment

ketikweb ketikweb ketikweb
 
@2013 ketikweb.blogspot.com | Template Modified and Enhanced by Zulkifli Hasan