Friday, July 27, 2012
3 comments

ketikweb

Apa itu PHP?

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. Bahasa / kode PHP ini berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan di proses di server. Hasilnyalah yang dikirim ke klien melalui tampilan browser. Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web jadi dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini misalnya sobat bisa membuat atau menampilkan database di halaman web. 
Pada saat ini PHP cukup populer sebagai alat pemrograman Web, Untuk memcobanya sobat tidak perlu menggunakan komputer berkelas server. Hanya dengan sebuah komputer biasa, sobat bisa mempelajari dan mempraktekkannya.
Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML. Dan berikut adalah contoh kode PHP yang berada di dalam kode HTML.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar PHP</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Selamat Datang di PHP
<?php
 print ("Tgl. skrng : ", Date ("d F Y"));
?>
</BODY>
</HTML>


Untuk memulai pembelajaran web PHP ini, sobat bisa menggunakan editor text apa saja. Jika sobat menggunakan windows silahkan dengan software notepad. Jika ingin menggunakan software dengan fitur fitur pemrograman lengkap, sobat bisa menggunakan adobe dreamweaver. Dan untuk mengujinya, sobat bisa menggunakan browser apa saja, namun sebaiknya gunakan browser dengan update terbaru. 
Hal yang paling penting juga adalah, sobat harus menyiapkan web server. Seorang programmer sebelum menyimpan file PHP di server sesungguhnya, untuk mengujinya menggunakan server desktop yang berfungsi seperti web server sebenarnya. Namun bedanya, sobat tidak perlu harus konek internet untuk menggunakannya. Dalam hal ini saya merekomendasikan WampServer. Sehingga di asumsikan sobat telah menyimpan file PHP sobat di web server, namun di WampServer mempunyai alamat IP berupa 127.0.0.1 atau localhost. Adapun folder yang digunakan untuk menaruh file HTML dan PHP sobat adalah C:\wamp\www\namafile. Bila sobat menggunakan web server lain maka folder yang digunakan harus sobat sesuaikan sendiri.

Pada contoh kode PHP di atas setiap perintah php dimulai dengan ( <?php  ) dan di akhiri dengan ( ?> ). Setiap pernyataan atau statement di dalam perintah PHP tersebut harus di akhiri dengan tanda (  ; ).

Sekian pengenalan singkat tentang kode PHP. Silahkan sobat memulai mempelajari tiap detil penggunaan bahasa pemrograman ini hanya di ketikweb.Blogspot.com.
as website php source a html about html belajar php belajar website belajar html belajar pembelajaran bahasa inggris belajar bahasa inggris belajar php belajar mendesain web css to html cara web cara membuat web cara belajar web cara belajar cepat cara belajar code code html contoh php cara mendesain web cara mendesain website designer web design web design web free edit html free web how to html. html code for, html code, html for program web pengertian web i web in html kode html membuat web .com membuat web membuat php membuat website gratis make a web mudah belajar metode belajar mendesain web mendesain website situs web syntax html tutorial web the web text to html tutorial css tutorial html tutorial php webmaster web belajar website belajar web site web page website web design web sites web indonesia web gratis web magazine web hosting.

Share ke Google
"Sobat suka postingan ini? Silahkan copy link dibawah ini dan paste ke web, blog, atau sosial media sobat yang nantinya akan menghubungkan sobat langsung dengan postingan ini. "
Untuk mendapat respon balik dari saya, tuliskan identitas sobat dalam memberi komentar dalam kolom dibawah ini.

3 comments:

Unknown said...

thanks infonya gan...

Unknown said...

Apa itu PHP ?

Unknown said...

sm2 gan... untuk informasi terupdate sy, sobat bs add sy sebagai hero di heroscoop.com.

Post a Comment

ketikweb ketikweb ketikweb
 
@2013 ketikweb.blogspot.com | Template Modified and Enhanced by Zulkifli Hasan