Tuesday, June 26, 2012
0 comments

ketikweb
Assalamu alaikum.
Kali ini kita akan belajar dan mengenal lebih dalam tentang CSS. Seperti halnya dalam mengenal seseorang pastilah informasi yang kita dapatkan adalah bagaimana sifatnya, warna kesukaan, hobi, dll. Begitu pula dengan bahasa pemrograman ini memiliki banyak sifat dasar dan karakteristik yang harus kita pahami terlebih dulu sebelum menyelam lebih dalam tentangnya.
Berikut adalah fondasi dasarnya:  

- Bersifat Case sensitive. Artinya sangat membedakan huruf kapital dan huruf kecil. Jadi harus hati - hati dalam menuliskan perintah CSS khususnya dalam penulisan nama ID dalam style, misalnya :
.sesuatu
....
}
Maka "sesuatu" ini berbeda jikalau kita menuliskan "SESUATU". Dalam menuliskan nama ID ini sebaiknya menggunakan kata yang mudah dipahami khususnya kita sendiri sebagai programmer. Misalnya "Tulisanputih" lebih baik daripada "Tpth". Dalam penulisan nama ID ini boleh menggunakan tanda minus atau garis bawah misalnya : "Tulisan-putih" atau "Tulisan_putih". Boleh juga menggunakan angka tapi tidak boleh menggunakan spasi. Aturan penamaan ini berlaku juga pada HTML.

- Peletakan kode. Ada 3 cara dalam peletakan kode style CSS :
    1. Di dalam kode HTML (Disebut juga deklarasi inline). Pada deklarasi ini, style diletakkan dalam elemen html berada pada atribut style. Contohnya :
    <html>
    <head>
    <title>Deklarasi Inline</title>
    </head>
    <body>
       <h1 style="color: white;">Deklarasi Inline</h1>
    </body>
    </html>
    2. Antara tag <style>..</style> dimana pasangan style ini terletak diantara pasangan tag <head>..</head> (peletakan ini disebut juga embedded style sheet). Contohnya :
    <html>
    <head>
    <title>Deklarasi Embedded Style Sheet</title>
    <style>
    h1 {
     color: white;
    }
    </style>
    </head>
    <body>
       <h1>Deklarasi embedded style sheet</h1>
    </body>
    </html>
    3. Pada file CSS (external style sheet). Pada deklarasi ini, sobat meletakkan style diluar dari file HTML, dalam artian berada pada file tersendiri. Misalnya :
    <html>
    <head>
    <title>Deklarasi External Style Sheet</title>
    <link rel="stylesheet" type="text/css" href="https://sites.google.com/site/ketikweb/cssfile/contohdeklarasi.css" />
    </style>
    </head>
    <body>
       <h1>Deklarasi External Style Sheet</h1>
    </body>
    </html>
    - Tidak Semua Browser Mendukung CSS. Untuk itu dalam membuat propertinya, pilihlah yang memang didukung oleh kebanyakan browser agar tampilan yang kita rancang bisa bekerja pada semua browser. Untuk mengetahui tehnik ini sebaiknya dengan uji coba langsung, try and error adalah guru yang akan mengajarkan sobat memahami setiap kelebihan dan kekurangan browser.
    Sekian penjelasan saya semoga bermanfaat dalam membangun pemahaman sobat. Wassalam...
    as website a html about html belajar css belajar website belajar html belajar pembelajaran bahasa inggris belajar bahasa inggris belajar php belajar mendesain web css to html cara web cara membuat web cara belajar web cara belajar cepat cara belajar code code html contoh css cara mendesain web cara mendesain website designer web design web design web free edit html free web html to css how to html. html code for, html code, html for program web pengertian web i web in html kode html membuat web .com membuat web membuat website gratis make a web mudah belajar metode belajar mendesain web mendesain website situs web syntax html tutorial web the web text to html tutorial css tutorial html tutorial php webmaster web belajar website belajar web site web page website web design web sites web indonesia web gratis web magazine web hosting.

    Share ke Google
    "Sobat suka postingan ini? Silahkan copy link dibawah ini dan paste ke web, blog, atau sosial media sobat yang nantinya akan menghubungkan sobat langsung dengan postingan ini. "
    Untuk mendapat respon balik dari saya, tuliskan identitas sobat dalam memberi komentar dalam kolom dibawah ini.

    0 comments:

    Post a Comment

    ketikweb ketikweb ketikweb
     
    @2013 ketikweb.blogspot.com | Template Modified and Enhanced by Zulkifli Hasan